SKPI-UNY

Sistem Informasi untuk menyusun Surat Keterangan Pendamping Ijazah.
Web Based Information System of Yogyakarta State University to Compose Diploma Supplement.


SKPI (Diploma Supplement)

Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement adalah surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi, berisi informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar.

Kualifikasi lulusan diuraikan dalam bentuk narasi deskriptif yang menyatakan capaian pembelajaran lulusan pada jenjang KKNI yang relevan, dalam suatu format standar yang mudah dipahami oleh masyarakat umum.

Data yang ditampilkan merupakan data pribadi mahasiswa, data prodi, dan beberapa data penunjang lainnya. Data prodi mencakup Capaian Pembelajaran atau Learning Outcome (LC) yang dapat diinputkan admin prodi (setelah login) melalui link isi data prodi

KKNI dan Levelnya

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bidang pendidikan tinggi merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan capaian pembelajaran dari jalur pendidikan nonformal, pendidikan informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam jenis dan jenjang pendidikan tinggi.

Penjenjangan kualifikasi tersebut dimaksudkan untuk memfasilitasi pendidikan seseorang yang mempunyai pengalaman kerja atau memiliki capaian pembelajaran dari pendidikan nonformal atau pendidikan informal untuk:

  • menempuh pendidikan formal ke jenjang/tingkat yang lebih tinggi,
  • mendapatkan pengakuan kualifikasi lulusan jenis pendidikan tertentu dari perguruan tinggi.

Selengkapnya bisa diunduh dari menu Download